APA itu IMK?
IMK atau
Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah
disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan
implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh
manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.
Tujuan utama
dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik
oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan
memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat
manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang
memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi
yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik
manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.
Kenapa IMK dibutuhkan?
Dari wikipedia, interaksi adalah suatu jenis tindakan atau
aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek
satu sama lain. Melalui definisi tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh
interaksi sangat kuat bagi pelaku interaksi tersebut. Apabila dikaitkan dengan
IMK, dapat dibayangkan seharusnya banyak sekali pengaruh desain antarmuka bagi
para pengguna sistem
Desain antarmuka adalah media yang
menjembatani kemampuan-kemampuan fungsionalitas sistem kepada pengguna. Selain
itu, desain antar muka merupakan kendaraan yang akan membawa pengguna pada
fungsi sistem yang ingin dilakukan olehnya. Hal-hal tersebut yang akan
memberikan dampak langsung pada pengembang sistem, apalagi jika terkait dengan
kustomer dan keutungan organisasi.
Layout, tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi pengguna
melalui banyak cara. Jika hal-hal tersebut memusingkan dan tidak efisien, maka
pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif
melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat pengguna takut
sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut. Hal-hal tersebut
apabila tidak dikelola dengan baik juga akan menyebabkan frustasi dan
peningkatan stres pada pengguna serta lebih jauh lagi akan meperburuk kondisi
keuangan pengguna dan organisasi. Pada beberapa sistem yang sangat riskan
seperti traffic control, nuclear power plant, hal-hal
tersebut akan berpengaruh bagi keselamatan pengguna dan masyarakat luas.
Bagi
pengembang, tujuan dari rekayasa sistem adalah membuat kualitas hidup pemakai
semakin baik. Desainer umumnya ingin membuat sistem interaktif berkualitas
tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru, lebih
dalam dari sekadar gagasan user-friendly.
IMK atau interaksi manusia dan komputer,
suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem
komputasi iyang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang
lingkupnya,ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih
komputasi mesin.
Agar komputer dapat diterima secara luas
dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem
harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu
dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan
pengguna secara spesifik.
Pada tahun
1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang
juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan
mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan
aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam
pemasaran produknya.
Istilah human-computer
interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai
bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini
mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik.
HCI
didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan,
evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh
manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat
agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly).
Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna
merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Tujuan utama IMK adalah untuk:
1.
Membuat sistem yang lebih:
§ Berguna (usable)
§ Aman
§ Produktif
§ Efektif
§ Efisien
§ Fungsional
2.
Meningkatkan interaksi antara manusia
dgn sistem computer
Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman
(safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas
(utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut
mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
*sumber* https://iifikhwanudintugas117.wordpress.com/2015/04/01/interaksi-manusia-dan-komputer/
NNama: Iyum Rahmawati
2222151359
TTeknologi Infomasi
UUniv. MH Thamrin
No comments:
Post a Comment